operations management


Tugas Resume kuliah manajemen operasi

Manajemen Operasional sebagai rangkaian kegiatan atau aktifitas yang menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output.  Aktifitas  tersebut  berlaku  untuk  berbagai  macam  produsen  barang  seperti elektronik,  garmen,  otomotif,  demikian  pula  berlaku  juga  bagi  produsen  jasa  seperti media masa, hiburan, pendidikan, konsultan. Untuk menciptakan barang dan jasa(produk), semua organisasi bisnis (perusahaan) paling tidak menjalankan tiga fungsi utama yaitu:

 

1.  Fungsi Pemasaran (Marketing Function) yang berhubungan dengan pasar untuk dapat menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk  yang dihasilkan ke pasar.

2.   Fungsi   Keuangan   (Finance   Function) yang   mengelola   berbagai   urusan keuangan didalam                   perusahaan                    maupun    perusahaan    dangan   fihak   luar perusahaan.

3.   Fungsi   Produksi   atau   Operasi   (Operation   Function) berkaitan   dengan penciptaan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.

Lean manufaktur yaitu konsep dari strategi yang digunakan untuk pencapaian perbaikan yang berkesinambungan dan signifikan (continuous improvement) dalam kinerja, dengan langkah mengeliminasi semua pemborosan (waste) terhadap waktu kerja dan sumber daya dari fasilitas dalam proses bisnis secara menyeluruh. Lean manufaktur merupakan pendekatan yang sistematis terhadap pemborosan (waste) dalam berbagai proses secara terus menerus. Penerapan lean manufaktur pada lingkungan manufaktur akan mengeliminasi berbagai jenis pemborosan yang terdapat di dalamnya.Penelitian ini menggunakan lean manufaktur untuk merancang shop floor layout pada aliran lini produksi diode array. Dengan penerapan lean manufaktur diharapkan berbagai macam pemborosan yang diakibatkan oleh shop floor layout yang kurang efektif dapat dieliminasi sehingga dapat meningkatkan performansi.Pada perancangan shop floor layout dibangkitkan alternatif-alternatif yang selanjutnya alternatif-alternatif tersebut diidentifikasi kelayakannya sehingga dihasilkan 11 alternatif terpilih. Selanjutnya dilakukan peninjauan baik dari segi fungsional maupun finansial untuk menentukan alternatif yang terbaik. Hasil dari penelitian ini yaitu memilih alternatif 5 sebagai alternatif terbaik karena mampu menghasilkan keuntungan penghematan bulanan yang paling tinggi sebesar SGD 2449.7702 atau penghematan tahunan sebesar SGD 30615,07 sedangkan break event point tercapai pada bulan ke-2.

Definisi Proses adalah sekumpulan tindakan mulai dari masukan, kemudian menambahkan nilai untuk mendapatkan keluaran yang diinginkan. Ada awal, ada akhir, serta masukan dan keluaran didefinisikan dengan jelas.Definisi Bisnis : untuk menciptakan hasil yang memiliki nilai (value) untuk seseorang konsumen) yang membutuhkan hasil tersebut.Proses Bisnis adalah Sekumpulan tugas atau aktivitas untuk mencapai tujuan yang diselesaikan baik secara berurut atau paralel,oleh manusia atau sistem, baik di luar atau di dalam organisasi . Pentingnya Proses Bisnis:Memperbaiki PROSES BERARTI Memperbaiki BISNIS.

Bisnis dapat lebih bersaing dan menghasilkan profit lebih banyak, Kenaikan produktifitas, Menyediakan tingkat pelayanan konsumen yang lebih tinggi, Memperoleh fleksibilitas lebih besar dalam penggunaan sumber daya, termasuk staf, Merespon lebih cepat pada peluang baru, Meningkatkan moral staf melalui lingkungan kerja yang lebih baik, Menjalankan teknologi yang lebih baru tanpa hambatan SDLC Process

Cara Pemodelan Proses Bisnis :

  1. Menentukan tujuan, ruang lingkup, dan batasan
  2. Pemahaman & memetakan proses yang berjalan
  3. Mengukur kinerja proses
  4. Menentukan akar masalah (root cause)
  5. Mengidentifikasi perbaikan proses (Menggunakan cara ESIA) :
  6. Implementasi perbaikan proses bisnis

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s